Ibu Bekerja, Pola Hidup Anak Cenderung Tidak Sehat

London, Anak-anak yang memiliki ibu yang bekerja ternyata lebih sedikit mengonsumsi makanan sehat ketimbang anak yang ibunya tinggal di rumah. Sebuah studi di Inggris menemukan fakta tersebut.

Penelitian yang dilakukan The UK Millennium Cohort Study ini melihat kebiasaan makan dan aktivitas fisik lebih dari 12.500 anak-anak yang berusia 9 bulan hingga 5 tahun.

Terlepas dari asal etnis, tingkat pendidikan dan pekerjaan ibu, peneliti menemukan anak-anak yang ibunya bekerja paruh waktu atau penuh lebih sedikit mengonsumsi buah-buahan atau sayuran ketika makan atau ngemil.

Anak-anak yang ibunya bekerja lebih banyak duduk di depan televisi dan komputer lebih dari 2 jam sehari. Sementara anak-anak yang ibunya tidak bekerja berada di depan TV dan komputer kurang dari 2 jam.

Anak-anak yang ibunya bekerja lebih sering minum minuman manis seperti soda diantara waktu makannya, menyukai camilan keripik dan lebih senang diantar sekolah dengan mobil ketimbang berjalan kaki atau bersepeda.

“Waktu menjadi kendala bagi ibu yang bekerja untuk memberikan anak-anaknya makanan sehat dan mengawal anak melakukan aktivitas fisik,” jelas penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health seperti dilansir dari Chinadaily, Sabtu (3/10/2009).

Penelitian juga menunjukkan kebiasaan anak-anak secara keseluruhan adalah 37 persen anak-anak suka makan keripik atau permen, 41 persen gemar minuman manis di waktu makan, 61 persen menghabiskan minimal 2 jam setiap hari duduk di depan TV dan komputer.

Tapi peneliti menegaskan hasil kajian ini bukan berarti ibu tidak boleh bekerja tetapi mengingatkan perlunya tindakan dari orangtua dan anak untuk mendukung hidup yang lebih sehat.

Source: Irna Gustia – detikHealth

Mbaca artikel ini sambil senyum-senyum pahit bukan senyum manis or pahit di bibir tapi manis di hati lho… :p Sebelumnya dikasih tau ada artikel bagus. Pas bukaa… eng… ing… eng….😀 langsung nusuk Chusssss… darah mengalir keseluruh tubuh…😉 Menyuruh otak untuk berpikir…🙂

Dari judulnya aja udah kelihatan gak usah baca ampe habis karena to the point. Nah buat teman-teman yang bakal jadi bunda, atau sebentar lagi. Baca-baca artikel ini dulu untuk nambah2 ilmu yaaaa…😉 tapi gak semua ibu bekerja, gizi anaknya gak sehat lho. Agar anaknya sehat dan makanan yang dimakannya bergizi khan butuh uang yang gak sedikit. Apalagi harga susu Nutrilon dan sejenisnya mahal bangeeeeeetttt boooo’ merem melek lihat berapa biayanya. Istigfar Mir, masa buat susu anak, saya harus ngitung2 sich… :-p Teman saya walau ibunya bekerja, anaknya cerdas di sekolah lho. Mungkin dengan adanya ibu lebih terkontrol gizi yang masuk ke tubuh anak (penulis sedang berusaha melakukan pembelaan diri…😀 )

Published in: on October 14, 2009 at 8:16 am  Comments (3)  
Tags: , , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://mirasyam.wordpress.com/2009/10/14/ibu-bekerja-pola-hidup-anak-cenderung-tidak-sehat/trackback/

RSS feed for comments on this post.

3 CommentsLeave a comment

  1. salam kenal bu’…..

    saya sedikit banyak baca ceritanya, menarik..
    saya baru pemula nih, maaf klu seandainya masuk blog ini tak meminta izin sama empunya….

    mohon d bantu anak baru ini dalam menulis….
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih…
    maaf sekali lagi atas kelancangan saya….

    • Salam kenal kembali, saya juga lagi belajar menulis. Semoga kita bisa saling membantu dalam meningkatkan kualitas penulisan kita. Amiin…🙂

  2. salam kenal bu’…..

    saya sedikit banyak baca ceritanya, menarik..
    saya baru pemula nih, maaf klu seandainya masuk blog ini tak meminta izin sama empunya….

    mohon d bantu anak baru ini dalam menulis….
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih…
    maaf sekali lagi atas kelancangan saya….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: