Ada Benernya: Banyak Anak Banyak Rezeki

Membaca judulnya tentu anda bakal berpikir saya akan membahas tentang anak. Kali ini anda salah besar. Di sini saya akan membahas gimana caranya mengembangkan dana yang anda miliki berdasarkan instrument-instrument keuangan yang ada di Indonesia. Tapi gak usah muluk-muluk dl sebelum anda mengambil keputusan. Kenali dl intrument keuangan yang menurut anda aman buat keuangan anda dan anda dapat meminimal resiko dari keputusan yang anda ambil. Disini saya akan mengambil contoh instrument yang banyak digunakan orang lain.

Menabung, Buat masyarakat Indonesia menabung bukan hal yang asing lagi buat anda. SMenabung buat kita wajib bahkan sangat wajib. Karena dengan menabung anda dapat mengendalikan penghasilan anda agar tidak habis begitu aja. Buat yang suka belanja sebaiknya anda membuka rekening tabungan karena apabila gak anda tidak dapat mengendalikan emosi anda untuk selalu belanja, bisa2 belum akhir bulan penghasilan anda bakal habis. Dengan menabung berarti kita sudah menyelamatkan sebagian penghasilan kita agar tidak sia-sia habis begitu saja.

Asuransi Jiwa, Asuransi buat kita sangat penting sekali terutama buat kita yang merupakan tulang punggung keluarga. Kenapa saya katakan sangat penting karena jika suatu hari terjadi hal-hal diluar keinginan kita, setidaknya kita sudah punya proteksi agar keuangan kita bisa diselamatkan. Memang bukan 100% dilindungi tapi paling tidak kita memiliki dana simpanan buat membayar semua kerugian yang kita alami. Kalo kemungkinan nantinya kita meninggal dunia, para ahli waris kita tidak terpuruk banget keuangan mereka. Setidaknya masih ada dana dari pihak asuransi yang akan menyambung hidup mereka walau dengan dana yang ada tidak cukup tapi setidaknya para ahli waris bisa mempergunakan dana yang ada untuk menyambung hidup mereka. Misalnya membuka bisnis kecil2n dirumah.

Asuransi Pendidikan, Mahalnya biaya pendidikan saat ini, mau tidak mau anda harus menyisihkan penghasilan anda untuk pendidikan buah hati anda. Pastikan betul asuransi pendidikan mana yang akan diambil. Banyaknya pilihan asuransi pendidikan yang ada saat ini membuat anda harus selektif memilih agar kelak pendidikan anak anda bisa aman terlindungi. Asuransi ini bisa anda buka saat anda mulai merencanakan punya anak atau paling lambat saat anak anda sudah mulai tumbuh besar.

Deposito, Buat kita yang ingin dana kita aman tapi masih bisa investasi. Deposito jawabannya. Resikonya kecil tapi keuntungan yang kita terima juga kecil. Kenapa saya katakan aman…? Karena dengan dana yang kita simpan di bank, kita bakal menerima keuntungan dari bunga yang kita tanam lewat deposito. Kalo terjadi resesi ekonomi dana yang kita tanam di deposito tidak akan berkurang. Namun kita tidak bisa mengambil dana ini seperti tabungan. Kita dapat mengambil sesuai dengan perjanjian/akad kita dengan pihak bank. Dana ini akan diputar pihak bank untuk investasi bank yang lain. Misalnya dana kita akan digunakan pihak bank untuk menyalurkan kredit buat nasabah lainnya yang memerlukan dana untuk usaha mereka. Misalnya UMKM, KPR, dll. Jika kita mampu berbisnis tentunya lebih baik dana yang kita miliki digunakan mengembangkan bisnis yang akan kita geluti. Tentunya keuntungan yang kita dapat lebih besar dari bunga yang diberikan pihak bank. Belum lagi pajak atau biaya2 lain yang harus kita bayar. Pikirkan sebelum mengambil keputusan. Jika takut rugi ya depositi solusinya jika berani ambil resiko putar dana anda kearah bisnis. tapi ingat sebelum anda mengambil keputusan bisnis. Anda harus benar2 mempelajari bisnis yang anda ambil. Jangan sampai dana anda hilang karena salah ambil keputusan.

Beli rumah, tanah, Beli rumah atau tanah tentu sangat diharapkan buat kita terutama buat yang sudah menikah. Capek kali ya kalo kita cuma tiap bulannya bayar sewa rumah sementara anak tumbuh besar. Setidaknya buat kita sebagai orang tua belum lengkap jika belum punya rumah. Atau buat yang tinggal dengan orang tua tentu harus banyak2 sabar karena kadang ada kalanya kita ingin bermanja-manja dengan pasangan akan sangat terbatas dengan adanya orang lain di rumah kita. Walau itu orang tua kita sendiri atau orang tua pasangan kita. Buat masyarakat minang yang sudah memiliki anak apalagi anak perempuan tentu kurang lengkap jika tidak punya rumah sendiri. Nah, mulai sekarang coba anda anggarkan dana anda untuk investasi yang satu ini. Kalo gak sanggup beli rumah, beli dulu tanahnya. Ntar kalo punya dana lebih baru pelan2 bangun rumah. Gak usah bertingkat setidaknya kita bisa berteduh dan anak2 kita bisa leluasa bermain di dalam rumah tanpa ada yang gangguan dari pemilik rumah karena keributan anak kita atau tanpa ada reminder bulan depan bayar sewa rumah. Bisa juga anda lakukan dengan membeli rumah dengan instansi lain, seperti perbankan. Misalnya beli rumah BTN. Sebelum membeli rumah, anda harus mempersiapkan syarat2 kepemilikan rumah dan DP sebelum mengajukan KPR. Kredit bisa diambil 10 tahun, 15 tahun atau 20 tahun tergantung kemampuan keuangan anda melunasi kredit.

Menyewa Rumah, tanah atau ruko, Investasi ini sangat menarik, untungnya gede dan tentunya butuh modal gede. Pertama kali kanda harus selektif memilih orang yang akan menyewa rumah, tanah atau ruko anda. Jangan memikir untung gede dulu kalo akhirnya anda bakal menanggung kerugian yang gede. Duit sewa tidak bisa menutupi biaya yang anda tanggung karena menyewa rumah kepada orang yang gak tepat. Jadi pastikan betul anda kenal latar belakang siapa yang akan menyewa properti Anda.

Beli emas, Emas selain berfungsi sebagai perhiasan buat para wanita. Emas juga bisa anda gunakan sebagai investasi. Emas ini sangat menguntungkan karena nilainya tiap tahun tidak pernah turun bahkan naik terus. Namun kita harus hati-hati dengan resiko yang anda tanggung. Bisa2 nyawa anda akan hilang karena emas yang anda gunakan. Kenapa karena dizaman sekarang ini, dimana banyaknya pengangguran akibat resesi ekonomi. Manusia bisa melakukan apa saja demi perut mereka. Jadi berhati-hati sebelum anda membeli emas di toko emas dan menyimpan emas anda.

Membeli surat berharga seperti saham, obligasi atau SUN (surat utang negara), Nah, untuk investasi yang satu ini, anda butuh modal yang besar serta pengetahuan yang banyak dan kepercayaan yang tinggi. Kenapa karena selain dana yang dibutuhkan untuk beli surat berharga ini sangat besar, resiko yang anda tanggung juga bakal besar. Jadi, anda harus benar2 kenali instrumen keuangan yang anda ambil. Anda ingin beli saham, obligasi atau SUN. Kalo mau beli saham, saya sarankan untuk membeli saham2 yang termasuk LQ45. Tapi anda juga harus hati2, sebelum investasi anda harus kuasai betul saham perusahaan yang anda ambil. Lihat betul fundamental perusahaan itu, ekspansi bisnisnya, kondisi laporan keuangannya, kebijakan2nya, kondisi politik sekarang, dll.

Sekolah lagi atau ambil training, Ini termasuk investasi jangka panjang karena hasilnya bakal anda rasakan 2 atau 3 tahun ke depan. Jika anda ingin karir anda maju dan dapat promosi dari bos solusinya ya dengan sekolah lagi atau ambil training. Sekolah lagi bisa selain menambah pengetahuan anda, tentu anda mengenal banyak orang yang bisa aja dengan perkenalan itu anda mendapat pekerjaan yang lebih bagus. Sekolah atau training bisa dengan menggunakan dana sendiri, dana dari perusahaan tempat anda bekerja atau mencari beasiswa dari instansi lain.

Membeli Kendaraan, Kendaraan sangat penting dalam menunjang karir anda. Jika anda sangat membutuhkan kendaraan untuk mendukung karir anda, baiknya anda memiliki kendaraan. Pastikan betul untung rugi sebelum anda membeli kendaraan. Apakah membeli dengan cara kredit atau dengan cara kontan.

Published in: on July 12, 2009 at 6:06 am  Comments (1)  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: https://mirasyam.wordpress.com/2009/07/12/ada-benernya-banyak-anak-banyak-rezeki/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentLeave a comment

  1. Good posting mbak..
    Thanks ya udah share..dan juga maen ke tempatku🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: