Hargailah Penghasilanmu

Apa yang anda pikirkan saat anda pertama kali mendapatkan penghasilan setelah sebulan lamanya anda bekerja…? Saya yakin tentu anda akan sangat senang sekali karena anda tidak perlu lagi merepotkan orang tua dalam hal memenuhi semua kebutuhan anda. Buat anda yang baru menamatkan jenjang pendidikan di perguruan tinggi mendapatkan pekerjaan tentu merupakan hal yang sangat menggembirakan. Tentunya sebelum anda menerima gaji pertama, anda sudah memikirkan kemana saja akan anda gunakan gaji yang anda terima itu.

Buat sebagian orang yang kesehariannya ”doyan shopping” tentunya dengan gaji yang pertama anda terima sangatlah kurang. Jadi berapa gaji yang menurut anda cukup dalam memenuhi kebutuhan anda…? Buat anda yang sudah mempunyai keluarga mendapatkan pekerjaan tentu merupakan hal yang sangat menggembirakan. Namun jika anda ditanya ”apakah anda cukup dengan gaji yang anda terima sekarang…? Saya yakin sebagian besar orang akan berkata tidak cukup. Lalu berapa gaji yang menurut anda cukup untuk memenuhi semua kebutuhan anda dan keluarga selama sebulan..? Apakah 1 juta, 4 juta, 8 juta, 12 juta, 24 juta atau 50 juta…?

Apa yang anda lakukan saat anda menerima penghasilan setelah sebulan anda bekerja? Apakah anda bersyukur sama Allah setelah sebulan penuh anda bekerja akhirnya anda mendapatkan gaji untuk memenuhi semua kebutuhan anda dan keluarga? Atau anda malah mengeluh ”Wah dengan gaji segini, paling-paling bertahan samapai tanggal 20”. Kalau anda berpikiran seperti itu berarti anda tidak pernah menghargai penghasilan anda.

Jika anda berpikiran seperti yang contoh di atas berarti anda tidak pernah peduli dengan diri anda dan tidak bijaksana dalam mengelola keuangan anda. Seharusnya yang anda lakukan jika anda menerima penghasilan adalah menyisihkan sebagaian pendapatan anda untuk menabung buat masa depan anda dan sedekah sebagai wujud rasa syukur anda kepada Allah. Jika anda melakukan hal demikian berarti anda telah menghargai penghasilan yang anda terima sebulan sekaligus mengucapkan rasa syukur karena anda masih diberi kesempatan oleh Allah untu menerima penghasilan.

Jika anda selalu mengeluh ”Ahhh…. dengan gaji segini mana mungkin saya bisa memenuhi semua kebutuhan keluarga”. Apalagi dengan harga  bahan pokok yang mahal, sewa rumah yang mahal serta biaya transportasi yang meningkat membuat pikiran anda berpikiran dengan gaji segini tentu sangat tidak cukup buat saya dan keluarga.

Seberapa kecilnya penghasilan anda, anda wajib menyisihkan sebagian penghasilan anda buat masa depan anda kelak. Karena anda tidak akan tahu kedepannya anda masih bisa bekerja dan menerima penghasilan seperti sekarang atau tidak. Jika anda sudah pesimis duluan kalo penghasilan anda tidak akan cukup buat sebulan, bearti anda tidak pernah menghargai penghasilan anda. Seharusnya anda bersyukur dengan Allah karena anda diberi kesempatan untuk bekerja. Seandainya saat ini anda belum bekerja. Tentu anda akan berujar ”betapa beruntungnya orang itu telah bekerja dan memiliki tabungan sendiri buat masa depannya” atau malah anda akan berpikir jika saya bekerja, saya akan menabung sebahagian gaji yang saya terima karena sangat tidak enak jika kita menganggur. Semoga anda bisa lebih bijaksana dalam mengelola semua penghasilan yang anda terima

Hargailah penghasilan anda berarti anda telah menghargai diri anda sendiri. Menabung adalah salah satu langkah kita dalam meraih apa yang kita inginkan. Dengan menabung tentunya anda akan berpikir jika suatu saat nanti saya tidak bisa bekerja seperti ini, setidaknya saya memiliki tabungan untuk melanjutkan kehidupan saya esok hari sebelum saya mendapatkan pekerjaan pasti. Pola konsumsi yang berlebihan akan membuat anda menderita dikemudian hari dan hanya penyesalan yang anda terima. Semoga anda tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang merugi yang tidak pernah memanfaatkan kesempatan dan rezeki yang Allah berikan untuk anda.

Published in: on July 9, 2009 at 3:40 am  Leave a Comment  
Tags: , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://mirasyam.wordpress.com/2009/07/09/hargailah-penghasilanmu/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: