Tips Cegah Rambut Rontok

Yulia Dian – detikhot

Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Sedangkan pria seringkali bermasalah dengan kebotakan. Rambut rontok adalah salah satu masalah yang kerap terjadi pada kita. Untuk mengatasinya, coba beberapa tips berikut ini:

1. Hindari menyisir saat rambut dalam keadaan basah. Biarkan saja rambut anda kering secara alami. Rambut yang basah lebih mudah lepas jika tertarik sedikit saja. Kebiasaan menyisir rambut ketika basah harus anda hentikan mulailah merawat dan menyayangi rambut anda.

2. Pilihlah sisir dengan gerigi yang jarang. Jika anda menggunakan kerudung atau akan memakai topi, sebaiknya sisir rambut anda terlebih dahulu. Cara ini akan membuat rambut anda lebih terjaga dengan rapih sekaligus dapat melancarkan peredaran darah di kepala.

3. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut atau hairdryer. Jika anda terpaksa menggunakannya sebaiknya pakai suhu yang rendah. Perhatikan juga jarak rambut dengan pengering. Usahakan jaraknya sekitar 10 – 15 cm dari batang rambut. Keseringan mengeringkan rambut akan membuat kelembaban rambut anda rusak.

4. Sering-seringlah menggerai atau mengurai rambut anda. Apalagi saat anda tidur. Hilangkan kebiasaan mengikat atau menjepit rambut dengan kencang. Hal itu dapat membuat rambut anda mudah patah dan rontok. Selain itu kebiasan mengikat rambut bisa membuat pertumbuhan rambutmu tidak bagus.

5. Untuk menjaga kelembaban rambut, sebaiknya gunakan pelindung kepala seperti scarf, topi atau payung ketika anda berada di bawah sinar matahari.

6. Agar rambut lebih sehat dan juga terlihat modis, seringlah mengubah garis belahan dan gaya rambut anda. Mengubah belahan menghindari kulit kepala yang sama terkena matahari dalam waktu panjang. Hal ini dapat mencegah kerontokan secara perlahan.

7. Lakukan perawatan pada rambut secara khusus setidaknya minimal 2 minggu sekali. Lakukan kegiatan creambat, masker dan hair spa untuk memperindah dan menyehatkan rambut anda.

Anda mengidamkan rambut indah dan sehat? Ikuti tips kami mulai sekarang. Tunggu apa lagi?

Published in: on January 22, 2009 at 3:30 pm  Comments (2)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://mirasyam.wordpress.com/2009/01/22/tips-cegah-rambut-rontok/trackback/

RSS feed for comments on this post.

2 CommentsLeave a comment

  1. dan jangan lupa..sempatkan minum yogurt…:-)
    seperti yang disebutkan di http://www.blogdokter.net/2008/04/19/tips-mencegah-rambut-rontok/
    Makanlah makanan yang bergizi terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.

  2. Sya py mslh krontokan rmbt,sjak di smoothing,rmbt sya rontok,dan skrg smkin tipis.untk menysirnya sja,saya tkt.. Slain rontok,rambt sya jg ketombean.. Gmana ya biar rmbt sya ga rontok n ktmbe lg?trim’s..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: