Teh Hijau Penghancur Lemak Alami…

Dikutip dari berbagai sumber:

“Minum air jeruk saja biar lemaknya hancur,” mungkin Anda sering mendengar saran tersebut untuk mengurangi rasa berdosa setelah menyantap makanan enak, tapi penuh lemak. Padahal, penghancur lemak alami yang paling baik adalah teh hijau.

Menurut drPhaidon Toruan, dalam bukunya Fat-Loss Not Weight-Loss, ada dua keuntungan mengonsumsi teh hijau, yakni sebagai fat burner yang optimal dan kaya akan antioksidan.
Teh hijau akan membantu meningkatkan pembakaran lemak dalam arti membantu meningkatkan metabolisme trigliserida (misalnya lemak yang tebal di bawah kulit) untuk diubah menjadi asam lemak. “Tapi ingat, lemak di bawah kulit hanya bisa dibakar bila bentuknya sudah diubah menjadi asam lemak. Proses pembakarannya adalah dengan olahraga,” kata Phaidon.

Agar fungsi teh hijau sebagai fat burner lebih optimal, Phaidon menyarankan agar teh hijau diminum sebelum latihan. Kapasitas antioksidan teh hijau sangatlah kuat sehingga bisa memberi efek proteksi terhadap dinding sel otot. Selain itu, lanjut Phaidon, jika diminum sebelum menyantap makanan, teh hijau akan membantu menahan asupan lemak.

Bagi Anda yang ingin praktis kini telah banyak tersedia ekstrak teh hijau yang sudah diolah secara modern dalam bentuk kapsul sehingga bisa dibawa ke mana pun dan mempermudah Anda mempersiapkan diri bila ingin berolahraga dan menggunakan ekstrak teh hijau.

Sumber: kompas.com

Banyak diantara kita berusaha untuk menjaga kesehatan dengan berbagai upaya. Ada yang selalu memakan makanan yang sehat, ada yang beristirahat yang cukup, dan ada pula yang berolah raga secara teratur. Melakukan semuanya dengan sungguh sungguh akan membuat badan dan pikiran kita sehat. Ada juga yang mempercayai bahwa minum teh bagus untuk kesehatan. Sayangnya banyak yang belum mengetahui manfaat dari minum teh ini. Melihat banyaknya produk teh yang di jual di pasaran, membuat kita kesulitan menentukan teh yang mana yang bagus untuk kesehatan. Apakah teh hijau seperti kata iklan atau teh yang lainnya?

Pertanyaan ini sebenarnya sudah berkembang sejak lama dan sampai saat ini banyak yang mempercayai bahwa teh hijau mempunyai kandungan yang lebih ’sehat’ daripada teh jenis lain. Padahal teh hijau tidak begitu disukai karena rasanya yang tidak seenak teh biasa. Lalu mengapa teh hijau begitu spesial?

Teh hijau banyak tumbuh di kawasan Asia. Teh ini mengandung bahan kimia yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Zat ini akan membuat tubuh dalam keadaan seimbang dengan menghancurkan radikal bebas yang merusak sel. Walaupun demikian, ternyata akhir akhir ini juga ditemukan zat sejenis pada teh biasa. Hal ini tentu merupakan kabar yang mengembirakan bagi mereka yang tidak begitu menyukai teh hijau.

Meskipun demikian, masih ada satu kelebihan teh hijau bila dibandingkan dengan teh lainnya yaitu pada proses pengolahan. Teh hijau diolah dengan cara dikukus untuk mempertahankan kandungan zat yang ada di dalamnya. Sedangkan pada teh biasa, pengolahannya dengan cara dikeringkan sehingga akan merusakan kandungan zat yang ada di dalamnya.

Penelitian lebih lanjut tentang manfaat kedua jenis teh ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Untuk saat ini, marilah kita menikmati minum teh untuk kesehatan kita.

Berikut ini adalah 27 macam manfaat teh hijau yang didasarkan pada berbagai hasil penelitian.

1. Dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi

2. Mencegah timbulnya kadar gula darah yang tinggi

3. Menurunkan kadar kolesterol

4. Menurunkan resiko terkena berbagai penyakit hati

5. Menurunkan resiko terkena stroke

6. Membantu tubuh dalam melawan virus (seperti virus influenza)

7. Dapat menghambat penurunan fungsi syaraf

8. Memperbaiki fungsi kognitif

9. Bermanfaat bagi kesehatan gusi

10. Mencegah sesak nafas

11. Mengurangi stress

12. Menghilangkan kelelahan dan keletihan

13. Mampu mencegah timbulnya penyakit kanker

14. Mampu mengendalikan pertumbuhan tumor

15. Membantu penyembuhan penyakit kanker

16. Membantu menurunkan berat badan

17. Mengurangi resiko timbulnya radang sendi dan reumatik

18. Berfungsi sebagai anti radang tenggorokan

19. Mencegah osteoforosis

20. Mencegah timbulnya alergi

21. Melindungi lever

22. Mencegah hepatitis

23. Membantu menghalangi penyebaran virus HIV

24. Mengurangi bahaya merokok

25. Memperlambat penuaan

26. Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes

27. Mampu mencegah keracunan makanan

Sumber: www.nwipp-newspapers.com

Published in: on January 22, 2009 at 3:04 pm  Leave a Comment  
Tags: , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://mirasyam.wordpress.com/2009/01/22/teh-hijau-penghancur-lemak-alami/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: