9 Kesalahan Tentang Uang

Beberapa kesalahan-kesalahan tentang uang yang perlu kita hindari:

  1. Tak melakukan perencanaan keuangan. Manusia suka menunda suatu pekerjaan. Ini bs menjelaskan mengapa kita selalu bertanya, “Kapan deadline nya?”
  2. Pengeluaran keuangan yang berlebihan. “Spending less than you earn, sebuah pepatah kuno yang akan membuat hidup menjadi lebih berarti jika kita taati. Membelanjakan uang lebih dari yang bisa anda hasilkan akan berujung pada tumpukan utang.
  3. Membeli barang konsumtif secara kredit. Bahkan ketika suku bunga rendah, membiarkan saldo hutang kartu kredit anda menumpuk berarti membuat penghasilan anda di masa depan diblok untuk membayar bunga
  4. Menunda menyiapkan dana pensiun. Semakin lama anda menunda penyiapan dana pensiun, semakin berat mencapai tujuan2 anda kelak.
  5. Investasi karena terpaksa. Katakan tidak jika anda mendapatkan tawaran investasi yang menjanjikan hasil tinggitanpa penjelasan mengenai resikonya.
  6. Salah memilih financial planner. Jangan lupa melakukan perbandingan dan meminta pertimbangan pihak ketiga, sebelum anda menetapkan perencanaan keuangan untuk membantu mengelola keuangan pribadi anda.
  7. Mengambil keputusan keuangan berdasarkan emosi. Kebanyakan orang cenderung membuat keputusan finansial yang salah saat mengalami perubahan besar dalam kehidupan. Misalanya: saat kehilangan pekerjaan.
  8. Membiarkan hidup tanpa asuransi. Jangan tunda rencana melengkapi asuransi anda dan keluarga karena tidak ada yang tau pasti apa yang akan terjadi nanti.
  9. Walau bukan tujuan akhir dari perencanaan keuangan adalah sukses mencapai tujuan keuangan yang segaris dengan sejumlah uang, jangan terlalu fokus pada uang. Ingat uang bukanlah segalanya.
Published in: on January 22, 2009 at 2:05 pm  Leave a Comment  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: https://mirasyam.wordpress.com/2009/01/22/9-kesalahan-tentang-uang/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: